Gempa Bumi 6,1 M Guncang Nias Barat, Begini Hasil Analisis BMKG
Nasional
Bencana Gempa 2021

BMKG memberikan hasil analisis tentang gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo yang mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, pada Selasa (20/4) pagi. Seperti apa?

WowKeren - Gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo yang kemudian dimutakhirkan menjadi 6,1 mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, pada Selasa (20/4) pagi. Terkait fenomena ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan analisis secara lebih mendalam.

"Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 140 KM arah Barat Daya Nias, Sumatera Utara pada kedalaman 16 km," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo, dalam keterangannya.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Nias itu termasuk dalam gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas tektonik pada Lempeng Samudera Hindia. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault)," papar Bambang.

Akibat gempa tersebut, beberapa wilayah di sekitar Nias Barat turut merasakan getaran. Antara lain seperti AekGodang, Padang Sidempuan, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pakpak Bharat, Aceh Singkil dan Gunung Sitoli.


Bambang mengungkapkan, "Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu."

Terakhir, Bambang mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak panik. Ia juga meminta mereka untuk menghindari bangunan yang rusak atau retak untuk mengantisipasi gempa susulan.

"Lalu menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya.

Sementara itu, BMKG telah menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG juga belum menerima laporan kerusakan bangunan pribadi maupun fasilitas umum akibat gempa tersebut.

Sebelumnya, Indonesia juga dilanda gempa bumi berkekuatan 6,1 di Malang, Jawa Timur. Gempa yang guncangannya sangat luas ini menyebabkan kerusakan hebat serta merenggut banyak korban jiwa.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts