Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Sukabumi, Getaran Terasa hingga Bogor dan Jakarta
pxhere.com/Ilustrasi
Nasional
Bencana Gempa 2021

Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (27/4) sore. Karena cukup kuat, gempa ini terasa hingga Jakarta dan Bogor.

WowKeren - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (27/4) sore. Getaran gempa ini terasa di sejumlah wilayah sekitar, termasuk ibu kota DKI Jakarta dan Bogor, Jawa Barat.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini berpusat di 103 km tenggara Kabupaten Sukabumi. BMKG juga memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"GEMPABUMI TEKTONIK M5,6 MENGGUNCANG JAWA BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI," tulis BMKG di akun Instagram resminya, @infobmkg, Selasa (27/4).


Meski tidak berpotensi tsunami, BMKG meminta masyarakat untuk mewaspadai gempa susulan. "Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," demikian peringatan yang dikutip dari situs resmi BMKG.

Karena kekuatan gempa yang cukup besar, getarannya terasa di sejumlah wilayah. Ada banyak warganet yang memberikan kesaksiannya usai merasakan guncangan gempa tersebut.

"Bandung kerasaaa," tulis seorang netter. "Bogor berasa juga," imbuh netter yang lain. "Jakarta juga kerasaaa," sambung yang lain. "Depok berasa bgt," sahut yang lain. "Kab serang berasa gempanya," timpal netter lainnya.

Sementara itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang belum tentu benar di media sosial. Masyarakat juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Sebagai gantinya, mereka disarankan untuk berlindung di bawah bangunan yang tahan gempa dan stabil sebelum kembali ke rumah.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts