Menengok Kebiasaan Jokowi Umumkan Reshuffle Menteri Di Hari Rabu
Twitter/setkabgoid
Nasional
Reshuffle Menteri Jokowi

Sebelumnya, seorang sumber dari Istana Kepresidenan menyebutkan bahwa Presiden Jokowi akan melantik Menteri Investasi serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal melakukan reshuffle alias perombakan kabinet pada Rabu (28/4). Seorang sumber dari Istana Kepresidenan menyebutkan bahwa Jokowi akan melantik Menteri Investasi serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Adapun pelantikan ini dilakukan menyusul adanya peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta pendirian Kementerian Investasi. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadilia disebut-sebut akan menjadi Menteri Investasi, sedangkan Nadiem Makarim disebut akan menjabat sebagai Mendikbud- Ristek.

Presiden Jokowi sendiri dikenal kerap kali mengumumkan reshuffle kabinet di hari Rabu. Kebiasaan ini sudah ditunjukkan sejak periode pertama Jokowi.

Pertama, Jokowi melakukan reshuffle pada Rabu, 12 Agustus 2015, di periode pertamanya sebagai Presiden. Kala itu, ia mengganti enam posisi Menteri, tiga di antaranya merupakan Menteri Koordinator (Menko). Yakni Menko Bidang Politik dan Hukum (Polhukam), Menko Bidang Kemaritiman, dan Menko Bidang Perekonomian.


Setelah itu, Jokowi melakukan reshuffle kabinet besar-besaran pada Rabu, 27 Juli 2016. Setidaknya ada 13 Menteri yang dirombak oleh Jokowi, salah satunya adalah Sri Mulyani yang "dipinang" menjadi Menteri Keuangan kala tengah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Kala itu, Anies Baswedan juga didepak dari posisi Mendikbud dan digantikan oleh Muhadjir Effendy.

Pada Rabu, 17 Januari 2018, Jokowi kembali mengumumkan reshuffle usai Khofifah Indar Parawansa mundur dari jabatan Menteri Sosial. Adapun Khofifah kala itu mundur karena maju dalam Pilgub Jawa Timur. Dalam reshuffle tersebut, Jokowi juga menunjuk Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan menggantikan Teten Masduki.

Kala resmi menjabat sebagai Presiden di periode keduanya, Jokowi mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 November 2019. Jokowi lantas mengumumkan reshuffle kabinet pertamanya di periode kedua pada Rabu, 23 Desember 2020.

Reshuffle tersebut dilakukan menyusul penangkapan Juliari Batubara yang kala itu menjabat sebagai Mensos serta Edhy Prabowo yang kala itu menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Keduanya ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai diduga melakukan tindak korupsi.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dilantik menjadi Mensos menggantikan Juliari. Sedangkan Wahyu Trenggono dilantik sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo. Selain itu, Sandiaga Uno juga diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama, sedangkan Terawan Agus Putranto didepak dari posisi Menteri Kesehatan dan digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts