Reshuffle Kabinet Jokowi Diduga Digelar Nanti Sore, Ini 4 Nama yang Bakal Dilantik
Instagram/jokowi
Nasional
Reshuffle Menteri Jokowi

Presiden Joko Widodo dikabarkan siap melantik 2 menteri baru pada Rabu (27/4) sore. Pelantikan juga akan dilakukan terhadap Kepala BRIN dan anggota Dewan Pengawas KPK.

WowKeren - Presiden Joko Widodo kembali berencana me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada hari Rabu. Jokowi seperti memiliki kecenderungan untuk melakukan perombakan kabinetnya hari Rabu, contohnya saat pengangkatan Menteri Sosial Tri Rismaharini pada 22 Desember 2020.

Dan setelah sekian lama "maju-mundur", rencana reshuffle menemui titik terang dengan siap dilakukan Rabu (28/4) hari ini. Menurut sumber Kompas TV yang tak disebutkan namanya, pelantikan akan dilakukan oleh Jokowi pada sore hari nanti.

"Pelantikannya habis ashar," tutur sumber tersebut. Lebih tepatnya kemungkinan akan dilakukan sekitar pukul 15.00 sampai 15.30 WIB.

Total ada 4 orang yang akan dilantik pada kesempatan ini. Dua nama yang akan disebutkan berikut tentu sudah bisa diperkirakan, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.


Seperti diketahui, Nadiem akan dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) imbas peleburan 2 kementerian tersebut. Sedangkan Bahlil akan dilantik sebagai Menteri Investasi yang notabene kementerian baru.

Selain keduanya, Jokowi juga akan melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Sebelumnya Kepala BRIN dijabat oleh Bambang Brodjonegoro sementara Laksana merupakan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Lalu yang akan dilantik lagi adalah Prof Indriyanto Seno Adjie sebagai Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diketahui Dewas KPK kini tinggal berjumlah 4 orang setelah Artidjo Alkostar meninggal dunia pada 28 Februari 2021 kemarin.

Indriyanto Seno Adjie merupakan seorang akademisi, pengacara, dan guru besar Universitas Krisdawipayana. Namanya tentu tak lepas dari kiprah besar sang ayah, Oemar Seno Adjie, yang pernah menjadi Ketua Mahkamah Agung periode 1974-1982. Sedangkan Indriyanto pun pernah ditunjuk Jokowi menjadi salah satu Pelaksana Tugas Pimpinan KPK bersama Taufiequrachman Ruki.

Di sisi lain, isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju memang sudah ramai berembus sejak beberapa pekan lalu. Pasalnya Jokowi melebur Kemenristek dan Kemendikbud, menjadikan sang puncak pimpinan memiliki cakupan kerja lebih luas, serta menambah Kementerian Investasi.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts