Jokowi Resmi Lantik 2 Menteri Baru, Nadiem Makarim Jadi Mendikbudristek
Instagram/nadiemmakarim
Nasional
Reshuffle Menteri Jokowi

Presiden Joko Widodo resmi melantik Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia pada Rabu (28/4). Selain itu, turut dilantik pula Kepala BRIN dan anggota Dewas KPK.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah mengungkap rencananya melantik 2 menteri baru hasil reshuffle pada Rabu (28/4). Dan agenda itu telah resmi dilaksanakan sekitar pukul 15.10 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Dan seperti bocoran yang sudah beredar, Nadiem Makarim resmi ditetapkan menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek). Selain Nadiem, Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pun kini telah resmi dilantik menjadi Menteri Investasi.

"Mengangkat sebagai Menteri Kabinet Negara Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Satu, Saudara Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal," demikian kutipan pelantikan kedua menteri baru, Rabu (28/4). "Dua, Saudara Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi."


Sebagai informasi, pemerintahan Jokowi memang mengejutkan publik dengan rencana melebur Kemenristek dan Kemendikbud beberapa waktu lalu. Kala itu nasib Nadiem di kabinet pun sempat disangsikan hingga gerak-geriknya menyambangi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ikut disorot.

Sedangkan Kementerian Investasi sebenarnya telah diwacanakan Jokowi sejak tahun 2019 silam. Pasalnya Jokowi meyakini investasi bisa menjadi kunci untuk perbaikan kondisi perekonomian Tanah Air.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi turut melantik pula Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Yakni Laksana Tri Handoko yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Sedangkan yang terakhir, Jokowi juga melantik anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pengganti antarwaktu 2019-2023, yakni Indriyanto Seno Adji. Pengangkatan Indriyanto ini menyusul meninggalnya Artidjo Alkostar pada Februari 2021 lalu. Indriyanto sendiri sebelumnya juga pernah ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Pimpinan KPK bersama Taufiequrachman Ruki

Tampak dalam agenda pelantikan tersebut hadir Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Tampak hadir pula Ketua KPK Firli Bahuri dan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts