Dilantik Jadi Mendikbudristek, Nadiem Makarim: Ini Sangat Dekat di Hati Saya
YouTube/Sekretariat Presiden
Nasional
Reshuffle Menteri Jokowi

Dalam keterangan pers setelah dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim menyampaikan perasaannya seperti ini.

WowKeren - Nadiem Makarim resmi dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) dalam reshuffle kabinet kedua Kabinet Indonesia Maju, Rabu (28/4) sore ini. Usai dilantik, Nadiem menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo serta mengungkapkan seperti apa perasaannya mengemban amanah baru.

"Saya di sini akan mengucapkan pertama kali terima kasih ke Bapak Presiden Joko Widodo, untuk kepercayaannya memberikan amanah kepada saya untuk memimpin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," kata Nadiem dalam keterangan pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (28/4).

Nadiem mengatakan bahwa jabatan ini lekat dengan latar belakangnya. Sebab sebelum masuk ke dunia politik, Nadiem terlebih dulu merintis perusahaan transportasi online Gojek.

Dia melanjutkan, "Riset dan teknologi merupakan suatu hal yang sangat dekat di hati saya. Satu hal yang telah saya tekuni sebelum saya melakukan tugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan."

Dengan jabatan ini, Nadiem berharap dapat mendorong pengembangan riset di berbagai perguruan di Indonesia. Dia juga ingin kementeriannya mampu mewujudkan visi Merdeka Belajar yang digaungkan Presiden Jokowi.

"Kami menginginkan sebanyak mungkin murid-murid kita, mahasiswa kita dan dosen-dosen kita melakukan penelitian dan melakukan program-program seperti Kampus Merdeka di dalam badan-badan di bawah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Dan itu sangat searah dengan seluruh visi Pak Presiden mengenai Merdeka Belajar," harapnya.


Lebih lanjut, Nadiem menilai peleburan Kemendikbud dan Kemenristek akan memberikan dampak positif bagi perguruan tinggi. Pasalnya, berbagai urusan terkait pendidikan dan penelitian kini dapat dilakukan dengan lebih mudah.

"Ini suatu hal juga yang jadi kabar gembira bagi para universitas karena dari riset dan juga transformasi pendidikan ada di dalam kementerian, sehingga satu pintu dan rektor makin mudah bisa koordinasi dengan pemerintah pusat," jelasnya.

Nadiem juga berjanji akan membayar kepercayaan Presiden Jokowi dengan bekerja keras sebagai Mendikbudristek. Terutama karena jabatan ini merupakan tantangan baru untuknya.

"Terima kasih sekali untuk amanah ini dan akan saya kerjakan sebaiknya, dan ini adalah suatu dekat yang sangat dekat di hati saya seperti yang saya bilang. Ini suatu tantangan baru dan amanah ini pasti kami laksanakan dengan sebaik-baiknya dan hati nurani yang tulus," pungkas Nadiem.

Sementara itu, ada beberapa nama lain yang juga dilantik dalam reshuffle kabinet hari ini. Pertama, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) serta Indriyanto Seno Adji sebagai Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menggantikan Artidjo Alkostar yang wafat bulan Februari lalu.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts