Begini Penjelasan Sutradara 'Youth of May' Demi Hindari Kecaman Drama Sejarah yang Sedang Marak
Instagram/kbsdrama
TV

'Youth of May' mengambil latar belakang pergolakan Mei 1980 di Korea Selatan. Setelah ramai kecaman terhadap drama sejarah di Korea Selatan, sutradara memberikan keterangan untuk meyakinkan publik.

WowKeren - Menjelang penyiaran perdana "Youth of May", KBS mengadakan konferensi pers pada Senin (3/5). Konferensi pers itu dihadiri oleh sutradara dan jajaran bintang seperti Lee Do Hyun, Go Min Si, Lee Sang Yi, dan Geum Sae Rok.

"Youth of May" merupakan melodrama tentang percintaan antara Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun) dan Kim Myung Hee (Go Min Si) berlatar belakang pergolakan bulan Mei 1980. Latar belakang waktu yang digunakan di drama punya arti historis bagi warga Korea Selatan.

Sutradara Song Min Yeob mengungkapkan, "Berlatar di Gwangju pada tahun 1980, drama ini tentang kisah universal tentang cinta, kesedihan dan kebencian di antara pemuda pada masa itu. Cerita ini bukan tentang insiden tertentu, melainkan tentang kisah orang-orang yang hidup selama garis waktu tersebut."


Belum lama ini, beberapa drama menuai kecaman karena distorsi sejarah, kesalahan penggambaran tokoh, dan mengangkat peristiwa nyata dari sejarah Korea. Untuk mengurangi kekhawatiran penonton, sutradara pun angkat bicara mengenai permasalahan yang menjadi perhatian.

"Drama ini berlatarkan periode sejarah, tapi itu bukan merupakan pusat cerita. Ini tentang emosi dan perasaan universal seperti cinta, kegembiraan, juga kebencian yang dirasakan kaum muda yang hidup pada masa itu," lanjutnya. "Cerita ini tentang apa yang mungkin dilakukan dan dipilih rata-rata orang ketika dihadapkan pada situasi tidak terduga."

Sementara itu, Lee Do Hyun berperan sebagai Hwang Hee Tae, seorang mahasiswa kedokteran yang pulang ke kampung halaman setelah mengalami insiden traumatis. Mengenai karakternya, ia menyebutkan, "Hee Tae adalah orang yang sangat kesepian. Dia adalah satu-satunya orang asing di drama ini. Sementara drama ini bercerita tentang apa yang terjadi pada suatu kelompok ketika orang asing memasuki kehidupan mereka."

Sedangkan, Go Min Si memerankan Kim Myunghee, seorang perawat yang sudah berkarier selama tiga tahun. Perjuangan tokoh ini untuk meraih mimpinya mampu menyentuh perasaan Go Min Si. Ia menyatakan, "Aku merasa karakter Kim Myung Hee memberiku kekuatan. Aku selalu ingin terlibat di karya lampau atau melodrama. Proyek ini bagai takdir untukku. Dengan demikian, aku sangat berhati-hati meninjau naskah dan melakukan riset."

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts